Japanese Gyaru


Hayiii -__-
sekarang aku mulai bosen nih, haha. Apalagi aku lagi muterin lagu IU yang "Slow" lagunya galau -_____- nadanya mellow -,.- . OK, to the point aja yah. Sekarang aku akan mengeshare tentang "Gyaru". Apa itu gyaru? gyaru itu hampir mirip sama ulzzangnya korea. Ya tau kan semuanya "ulzzang" kalau diartikan ke bahasa indonesia artinya "wajah terbaik" namun sekarang aku bukan mengeshare info tentang ulzzang, melainkan gyaru (iya udah tau, lama amat sih looo -__-) oh oke karena semua mulai bosan sekarang aja yaaa (GA 1 ABAD LAGI WEEEH) #SABARWOYSABAR

.
.
.
.


Kyaaaa >< kawaii semua mukanya!!!

Gyaru (ギャル) adalah kata serapan dalam bahasa Jepang untuk gal, slang untuk girl (gadis, anak perempuan) dalam bahasa Inggris. Istilah gyarudipakai untuk gadis-gadis muda berusia 10 hingga 20 tahun yang fashionable, mengenakan busana model mutakhir, rambut dicat warna coklat keemasan, tata rias wajah di luar kebiasaan, dan pemilihan busana mix and match yang kontroversial. Busana yang dikenakan gyaru dipengaruhi majalah mode yang dibaca mereka.
Gyaru pertama kali dikenal pada tahun 1980-an. Gadis di kota-kota pada masa itu dipengaruhi oleh paham materialisme pada puncak pertumbuhan ekonomi Jepang. Mereka menyadari bahwa penampilan dapat dipakai untuk memperoleh materi yang mereka ingini. Sebagian di antara mereka tampil sebagai gadis kekanak-kanakan dan kurang dapat bergaul dengan teman-teman perempuan sebaya, tapi laki-laki ternyata tetap menyukai mereka.
Gyaru tahun 1980-an dapat dikenali dari kulit mereka yang berwarna coklat gelap hasil tanning salon. Tren kulit berwarna gelap awalnya berasal dari Los Angeles yang identik dengan budaya pantai dan berselancar. Model busana gadis peselancar Los Angeles banyak memperlihatkan bagian tubuh yang terbuka.
Sejak sekitar tahun 2000-an, gyaru secara garis besar dibagi dua: gyaru putih (白ギャル, shiro gyaru) dan gyaru hitam (黒ギャル, kuro gyaru). Shiro gyaru menghargai dirinya sebagai gadis biasa. Mereka masih memikirkan masa depan, dan terpengaruh "demam kulit putih indah" yang dipopulerkan perusahaan kosmetika Sonoko. Shiro gyaru membiarkan kulit mereka berwarna putih alami.
Gyaru hitam adalah keturunan dari kogyaru (コギャル) atau anak sekolah menengah atas. Ciri khas busana kogyaru adalah rok mini, kaus kaki panjang dan longgar loose socks, dan rias wajah ganguro (顔黒). Arti ganguro adalah gan gan kuroi (ガンガン黒い) yang berarti sangat hitam, tapi bisa juga diartikan wajah hitam (gan, wajah; kuro, hitam). Rias wajah ganguro didapat dari alas bedak berwarna gelap atau kulit wajah yang sudah gelap setelah pergi ke tanning salon.
Busana gyaru putih mengikuti pakaian yang dikenakan artis atau selebriti dari Los Angeles. Setelah usia mereka makin meningkat, mereka berubah secara alami menjadi tipe gadis dewasa onee-kei (お姉系). Majalah yang dibaca gadis muda juga berubah sejalan dengan bertambahnya usia. Gyaru belasan tahun pembaca Popteen, misalnya, setelah menjadi onee-kei, majalah yang dibaca adalah CanCam.
Di antara onee-kei atau shiro gyaru yang beranjak dewasa, sebagian mengikuti majalah mode pakaian selebriti dari Los Angeles, sementara sebagian lagi mengikuti mode majalah busana tren hime-kei (姫系) yang dipopulerkan oleh model yang bekerja sebagai kyabakura-jou (キャバクラ嬢, gadiskyabakura). Dari pembaca majalah busana hime-kei bermunculan gadis koakuma-ageha (小悪魔ageha) disingkat age-jou (age嬢).
Gadis onee-kei adalah gadis yang beranjak dari tipe gyaru menjadi dewasa, dan busana yang dikenakan mereka mulai terlihat seperti busana gadis dewasa. Gadis tipe onee-kei memakai merek-merek busana produk Shibuya 109. Di antara gadis onee-kei, masih ada onee-kei dengan model busana gadis kaya yang kawaii.
Sementara itu, populasi gyaru hitam (kurogyaru) dari tahun ke tahun semakin berkurang. Sebagian dari mereka berubah menciptakan mode gyaru hitam baru yang disebut yamamba (ヤマンバ). Kata yamamba berasal dari kata yamauba (山姥, nenek gunung). Gadis yamamba berambut putih dan berkulit gelap, dinamakan yamamba karena penampilan mereka mirip nenek yang dibuang ke gunung. Dari gadis-gadis yamamba muncul tren baru gyaru hitam yang disebut afurikanba (アフリカンバ), serenba (セレンバ, selebriti hitam), karamba (カランバ, hitam seperti gagak atau karasu), dan marimba (マリンバ?). 
cr: wiki
udah tuh penjelasan gyarunya -__- btw maaf ya abisnya aku nyontek di wiki -_- gomennn

(oh ya lagunya dah ganti jadi IU yang Good day, walaupun udah lewat. Eh sekarang malahan next songnya lagu galau IU after the night (?) kalo gak salah ya. abisnya judulnya huruf hangeul semua -_-) *sorry for OOT

kembali ke topik
.
Penjelasannya udah, sekarang gimana kalau J-Fashion? (SETUJUUU #inisiapayangngomong(?) )
.
(sekarang gak usah ngebahas lagu IU lagi ya -__- cape ngeupdatenya, setiap kurang lebih 3 menit harus ngeupdate x_x)
.
.
.
J-fashion itu banyak banget. Tapi yang aku ketahui itu [kayaknya] ada 2. Yaitu Kawaii (cute) & Harajuku


  • Kawaii (cute)



Lihat itu pakaiannya pada kawaii semua. Mirip-mirip kostum seperti karakter anime Jepang >< Kawaii desu!~


  • Harajuku
Nah, kalau yang ini aku tidak terlalu suka habisnya pakaiannya terlalu seram hiii ~ nama lain pakaian ini di sebut "gothic" . Menurut aku, pakaiannya terlalu nyentrik. kayak hantu hii 


udah segitu aja yah penjelasan gyarunya, entar kapan-kapan aku kasih info tentang Cosplay, mau? coming soon~ makanya ikuti perkembangan blog aku terus yah! kalau kamu suka entri-entri aku bisa klik follow!!! mau follback juga bisa!~ Sayonara konkodetsu!!

Comments

Popular Posts